Selasa, 14 Oktober 2014

Kunjungan Ke Pabrik saos dan kecap

Pernah dengar jargon kalau kecap itu selalu nomer 1 kan ? Benarkah demikian ? Untuk membuktikannya ikuti laporan hasil kunjungan saya ke pabrik kecap dan saos berikut ini yaa...

Beberapa minggu yang lalu, tepatnya tanggal 3 Oktober 2014 saya diajak Kepala Kantor untuk mengunjungi pabrik kecap dan saos. Saya sempat khawatir, jangan-jangan setelah ke pabriknya saya jadi nggak doyan makan kecap dan saos niih.. Hal ini berdasarkan  penuturan kakak saya yang jadi ogah makan saos setelah melihat cara pembuatannya. Daripada penasaran saksikan sendiri saja yuuk

SAOS

1. Bahan saos yang terdiri dari wortel dan ubi dicampur jadi satu dalam bak penampungan


 Penampungannya saja besarnya segini, bagaimana membersihkannya ya ??  Yang pasti, agar hygienis, tentu saja penampungan ini dibersihkan secara teratur.

2. Saos yang sudah jadi






3. Siap-siap untuk dibungkus

    Ini alat pembungkusnya yang sudah agak modern







4. Mengepak saos

     Setelah saos sudah terbungkus dan meluncur dari papan luncur, para pegawai siap mengepak saos dalam bal. Satu bal kalau tidak salah isinya 24 bungkus saos.





Nah, ini dia Kepala kantor saya yang senang sekali nanya-nanya ke pegawai bagian pengepakan.





2. KECAP

    Kalau selama ini kita mengira bahwa bahan untuk membuat kecap adalah dari kedelai ternyata itu tidak seluruhnya benar. Memang ada yang terbuat dari kedelai (kecap kualitas bagus), tetapi ada juga yang berasal dari gula kelapa yang warnanya hitam.

a. Agar lembut, kecap harus disaring dulu




b. Yang sudah halus, dimasukkan ke dalam drum


c. Kecap siap dibungkus






Dan, tak ada gading yang tak retak. Perusahaan yang saya kunjungi ternyata menerima pengembalian atau retur kecap yang cacat. Yang membuat agak kasihan, jika ada satu bungkus yang bocor, maka kecap yang diretur adalah semuanya atau satu bal, bukan kecap yang rusak saja.





Nah, sekian laporan pandangan mata atau reportase kunjungan saya di pabrik saos dan kecap. Nantikan laporan saya  ke pabrik-pabrik yang lainnya ya....


1 komentar:

  1. Info...kalau butuh suplayer wortel untuk pabrik saus...hub 082338025211

    BalasHapus