Senin, 25 Juni 2012

SEHABIS BERMAIN, SEBELUM MAKAN DAN SEBELUM TIDUR, CUCI TANGAN DULU YUUUK !

Ini cerita tentang anak bungsuku, Rifqi, yang tahun ini berumur enam tahun. Siang hari, sehabis pulang sekolah,  dia jarang sekali tidur siang. Nonton TV dan  bermain dengan teman-temannya itulah kegiatan rutinnya.  Kalau ada cat tembok di sampingnya,  dia senang sekali memainkan kuas, dan dalam sekejap saja  tembok rumah kami  sudah berubah warna dengan cat yang warna-warni. Entah padanan warnanya cocok atau tidak, Rifqi tak begitu menghiraukannya. Dan aku  sebagai orang tuanya juga tak pernah melarang kegiatannya itu. Karena menurutku, dalam kegiatan  mengecat  itu, dia juga sedang belajar tentang warna, gerakan tangannya juga bermanfaat untuk  meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasarnya.

Kalau sudah main cat, Rifqi bisa lupa waktu. Makan (disuapi)  sambil  ngecat, begitu juga minum air putih atau minum susu. Kegiatan mandi pun bisa dia lakukan dengan sangat cepat, habis itu ngecat lagi. Ketika rasa kantuk datang menyerang, e.... tunggu dulu anak ganteng. Tangannya dicuci  pakai sabun  sampai bersih, setelah itu... baru boleh tidur. Kalau tangannya belum bersih, nggak boleh tidur dulu !!!

Kadang Rifqi  memberontak dengan aturan tersebut. "Untuk apa sih Bu, aku harus cuci tangan segala ? "
Nah, saat bermain di tanah dan melihat cacing kecil, itulah kesempatanku untuk memberinya penjelasan,  " Itu lho, Qi, kalau kamu tidak cuci tangan. Telur cacing, atau cacing-cacing yang kecil akan  masuk di kukunya Rifqi. Nanti kalau Rifqi maem, telur dan cacingnya bisa masuk ke perut Rifqi lho.. Rifqi mau cacingan ? "
Tentu  saja Rifqi langsung menggelengkan kepalanya. Makanya, sehabis bermain, sebelum makan dan sebelum tidur, cuci tangan dulu yuuuk !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar